Senin, 06 Februari 2017

DOGGY Si Keledai yang Rajin

DOGGY
Si Keledai yang Rajin

Cerpen ditulis oleh Tegar Ja’far M.      

        Di sebuah hutan yang luas, hiduplah seekor keledai yang cacat. Ia tinggal di sebuah kebun. Tak ada hewan yang mau berteman dengannya. Karena kakinya cacat. Ia hanya tinggal bersama siput. 
      Suatu hari, Doggy berpikir untuk membersihkan hutan. Karena dulu ia cacat gara-gara tersandung batu. Doggi berkata kepada siput “Hai siput, mulai besok aku akan membersihkan hutan.” “Mengapa?” tanya siput.“Supaya penghuni hutan tidak menjadi cacat sepertiku.” Jawab Doggy. Siput berkata “Baguslah kalau begitu.”
        Keesokan harinya, Doggy membersihkan hutan. Ia membersihkan hutan dengan senang hati. Ia pun tiba di dekat rumah kelinci. Disana ia melihat seranting kayu yang besar. Lalu ia meletakkan ranting itu ke gerobak yang dibawanya. Si kelinci berkata”Lihat apa yang dilakukan oleh Doggy! Sungguh sia-sia ya.”.Setiap Doggy membersihkan hutan, hewan yang lain mengejeknya. Tapi Doggy tidak berhenti!

         Singkat cerita, Doggy tidak membersihkan Hutan lagi. Karena ia menderita sakit panas. Berminggu-minggu Doggy tidak membersihkan hutan. Hutanpun semakin kotor. Apalagi malam harinya hujan deras.
         Keesokan harinya, para hewanpun berkumpul di rumah singa. Mereka mengadukan masalah di hutan. Jerapah berkata “Wahai baginda, kami merasa gelisah karena keadaan hutan kita sangat kotor.” “Iya baginda” kata Pak Gajah.
         Siput pun berkata “Tuan baginda sebenarnya yang membuat aneh adalah Doggy yang sakit sehingga tidak membersihkan hutan.” Semua pun terkejut. Mereka menyadari bahwa. Doggylah yang telah berjasa dalam kebersihan hutan. Akhirnya mereka meminta maaf pada Doggy. Dan akhirnya hidup damai. SELESAI.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar